SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI "IA Phone"

Blogroll

TRANSFER REKENING ASLI "BERBAGI BERKAH": BRI a/n IHWAN ARIF NO.REK: 6283-01-015934-53-7

Restart Camera (Samsung Galaxy Grand Prime)

Seumur-umur menggunakan handphone Samsung, sepertinya baru kali ini saya bermasalah dengan kamera. Tiba-tiba kamera tidak bisa digunakan. Meskipun sudah reboot. Oiya handphone saya sekarang adalah Samsung Galaxy Grand Prime, yang kameranya emang keren abis (depan dan belakang).
image
Untuk mencari solusinya langkah pertama adalah saya cari tahu lewat google. Ada beberapa cara yang disarankan tapi hanya satu yang saya praktekkan. Langkah-langkahnya adalah:
1. Buka menu Settings.
2. Buka Application Manager.
3. Pilih All tabs.
4. Pilih Camera.
5. Tekan tombol Force Close.
6. Tekan tombol Clear Cache Data.
7. Tekan tombol Clear Data.
8. Reboot handphone, lalu coba apakah kamera sudah bisa bekerja lagi.
Olala….ternyata kameranya masih tetep ga mau jalan :( . Beberapa hari kemudian saya iseng telepon ke Service Center-nya Samsung yang kebetulan kantornya dekat dari rumah saya (tinggal nyeberang). Karena ini bukan masalah kerusakan, lalu saya disarankan untuk ketemu dengan konsultan Samsung yang ada di Ambarrukmo Plaza. Setelah itu, beberapa hari kemudian saya mengubungi mas ihwan, konsultan yang dimaksud, untuk janjian ketemu. Ternyata kata beliau bahwa saya tidak perlu pergi ke Amplaz, blio bisa bantu lewat telepon. Lalu saya pun dipandu lewat telepon. Hihihi… sebenarnya langkah-langkah yang beliau berikan itu sudah ada di internet, hanya sayanya saja yang tidak berani praktek sendiri. Takut gagal lalu rusak hehehhe..
Jadi, cara kedua dan manjur tersebut langkah-langkahnya adalah sbb:
1. Matikan handphone.
2. Tekan dan tahan secara bersamaan tombol Power + Volume Up + Home sampai handphone bergetar.
3. Sorot “wipe cache partition” (teks warna biru) menggunakan tombol Volume Down, lalu tekan dengan tombol Power. Di baris paling bawah akan ada tulisan Cache wipe complete.” (teks warna kuning).
4. Lalu lepaskan baterai handphone.
5. Kemudian pasang lagi, lalu nyalakan handphone.
6. Coba apakah kamera sudah bisa bekerja lagi.
Alhamdulillah.. berhasil!!
Jadi, kalo lain waktu mendapatkan masalah seperti ini lagi, saya sudah tahu cara mengatasinya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Blogger templates

Flag Counter